Minggu, 19 Juni 2011

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERILAKU SEKSUAL PADA REMAJA DAN DAMPAK


A. Faktor - Faktor
Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perilaku seks pranikah. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah:
1)      Faktor internal
Faktor internal ini meliputi beberapa aspek, diantaranya, pengetahuan, aspek-aspek kesehatan reproduksi seperti perubahan hormonal, sikap terhadap layanan kesehatan seksual dan reproduksi, perilaku, kerentanan yang dirasakan terhadap resiko, kesehatan reproduksi, gaya hidup, pengendalian diri, aktifitas sosial, rasa percaya diri, usia, agama, dan status perkawinan.
2)      Faktor eksternal
Faktor eksternal ini meliputi beberapa aspek diantaranya, kontak dengan sumber-sumber informasi, keluarga, lingkungan, teman pergaulan, sosial-budaya, nilai dan norma sebagai pendukung sosial untuk perilaku tertentu.

B. DAMPAK PERILAKU SEKSUAL PADA REMAJA
Perilaku seksual pranikah dapat menimbulkan berbagai dampak negatif pada remaja, diantaranya sebagai berikut :
1)      Dampak psikologis
Dampak psikologis dari perilaku seksual pranikah pada remaja diantaranya perasaan marah, cemas, depresi, rendah diri, bersalah dan berdosa.
2)      Dampak fisiologis
Dampak fisiologis dari perilaku seksual pranikah tersebut diantaranya dapat menimbulkan kehamilan tidak diinginkan dan aborsi.
3)      Dampak sosial
Dampak sosial yang timbul akibat perilaku seksual yang dilakukan sebelum saatnya antara lain dikucilkan, putus sekolah pada remaja perempuan yang hamil, dan perubahan peran menjadi ibu. Belum lagi tekanan dari masyarakat yang mencela dan menolak keadaan tersebut
4)      Dampak fisik
Dampak fisik lainnya sendiri menurut Sarwono (2003) adalah berkembangnya penyakit menular seksual di kalangan remaja, dengan frekuensi penderita penyakit menular seksual (PMS) yang tertinggi antara usia 15-24 tahun. Infeksi penyakit menular seksual dapat menyebabkan kemandulan dan rasa sakit kronis serta meningkatkan risiko terkena PMS dan HIV/AIDS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar