Minggu, 19 Juni 2011

Organ, Fungsi dan Proses Reproduksi Laki-Laki dan Perempuan


a. Organ Reproduksi Perempuan
1). Ovarium (indung telur)
Yaitu organ di kiri dan kanan rahim di ujung saluran fimbrae (umbai-umbai) dan terletak di rongga pinggul. Indung telur berfungsi mengeluarkan sel telur (ovum) satu bulan satu kali dan hormon-hormon (estrogen dan progesteron).
2). Tuba Falopi (saluran telur)
Yaitu saluran di kiri dan kanan rahim yang dilalui oleh sel telur (ovum) setelah keluar dari ovarium (proses ovulasi) dan tempat pembuahan (konsepsi).
3). Fimbrae (umbai-umbai)
Yaitu ujung dari tuba falopi yang dapat dianalogikan dengan jari-jari tangan.Umbai-umbai ini berfungsi untuk menangkap ovum yang dikeluarkan indung telur.
4). Uterus (rahim)
Yaitu tempat calon bayi dibesarkan, bentuknya seperti buah alpukat gepeng dan berat normalnya antara 30 – 50 gram. Ukurannya kurang lebih sebesar telur ayam kampung.
5). Cervix Uteri (leher rahim)
Yaitu bagian bawah rahim dan mempunyai saluran yang berfungsi sebagai tempat untuk keluarnya darah menstruasi dan akan terbuka pada saat persalinan sebagai jalan keluarnya janin.
6). Vagina (lubang senggama)
Yaitu sebuah saluran berbentuk silinder bersifat elastis dan bergelombang yang berfungsi sebagai jalan keluarnya darah menstruasi maupun bayi serta sebagai lubang senggama.

b. Organ Reproduksi Laki-Laki
1). Penis
Yaitu suatu organ yang berbentuk silindris berfungsi sebagai alat senggama dan sebagai saluran untuk mengeluarkan sperma dan air seni. Pada keadaan biasa, panjang penis adalah ± 6-8 cm. Ketika terangsang secara seksual darah banyak dipompakan ke penis sehingga panjangnya menjadi sekitar dua kali dari panjang sebelumnya. Keadaan ini disebut ereksi
2). Glans
Adalah bagian depan atau kepala penis yang banyak mengandung pembuluh darah dan syaraf. Kulit yang menutupi bagian glans disebut foreskin (Preputium) yang merupakan bagian yang biasanya di sunat.
3). Uretra (saluran kencing)
Yaitu saluran yang terdapat dalam penis yang berfungsi untuk mengeluarkan air seni dan air mani.
4). Vas Deferens (saluran sperma)
Adalah saluran yang menyalurkan sperma dari testis menuju ke prostat. Panjangnya ± 4,5 cm dengan diameter ± 2,5 mm.
5). Epididimis
Adalah saluran-saluran yang lebih besar dari vas deferens.Bentuknya berkelok-kelok dan membentuk bangunan seperti topi. Sperma yang dihasilkan oleh testis akan berkumpul di epididimis.
6). Testis (pelir)
Adalah organ yang berfungsi memproduksi hormon testosteron dan sperma setiap hari. Berbentuk bulat telur (avoid) yang berjumlah dua buah.
7). Scrotum (kantung pelir)
Adalah kantung kulit yang melindungi testis, berwarna gelap dan berlipat-lipat, sebagai tempat bergantungnya testis.
8). Kelenjar Prostat
Terletak di bawah kandung kencing, bentuknya seperti buah kenari. Kelenjar ini menghasilkan cairan yang bersifat basa dan berfungsi untuk mempertahankan hidup sperma. Cairan tersebut merupakan bagian dari semen (air mani).
9). Vesikula Seminalis
Yaitu kelenjar yang berupa kantung, berbentuk seperti huruf S berkelok-kelok (sambung menyambung) berfungsi menghasilkan sekaligus menampung cairan mani sebagai media pengantar sperma.

c. Proses Reproduksi
Kehamilan merupakan proses regenerasi yang diawali dengan pertemuan sel telur perempuan dengan sel sperma laki-laki yang membentuk suatu sel (embrio) dimana merupakan cikal bakal janin, dan berkembang didalam rahim sampai akhirnya dilahirkan sebagai bayi.

d. Hubungan seksual
 Hubungan seksual adalah persenggamaan atau bersatunya alat kelamin antara manusia yang berlainan jenis. Hubungan seks juga dapat merupakan ekspresi akan perasaan cinta, cara
berkomunikasi intim, dan cara mencapai kedekatan emosional. Hubungan seks diluar pernikahan adalah hubungan seks yang dilakukan oleh dua orang yang tidak ingin hidup bersama dalam perkawinan atau keluarga .Perilaku seksual pranikah merupakan perilaku seks yang dilakukan tanpa melalui proses pernikahan yang resmi menurut hukum maupun
menurut agama dan kepercayaan masing-masing individu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar