Minggu, 19 Juni 2011

Faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak/remaja

  1. Faktor bawaan
Faktor bawaan adalah faktor yang berasal dari dalam diri seseorang,yang diturunkan dari kedua orang tuanya.
  1. Faktor lingkungan
Faktor lingkungan adalah faktor yang berasal dari luar seseorang seperti lingkungan keluarga, sosial, pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Beberapa hal perlu diketahui oleh remaja pada saat awal masa tumbuh kembangnya, yaitu tentang seksualitas, pubertas, mimpi basah dan menstruasi.
a. Seksualitas
Seksualitas adalah segala sesuatu yang menyangkut sikap dan perilaku seksual maupun orientasi seksual. Kata seksualitas berasal dari kata dasar seks, yang memiliki beberapa arti, yaitu: jenis kelamin, reproduksi seksual, organ reproduksi, rangsangan atau gairah seksual, hubungan seks, orientasi seksual (heteroseksual, homoseksual, biseksual) dan penyimpangan seksual.
b. Pubertas
Masa pubertas adalah masa dimana seseorang mengalami perubahan struktur tubuh dari anak-anak menjadi dewasa dan perubahan psikis. Masa puber anak laki-laki biasanya dimulai pada usia 13-14 tahun dan anak perempuan pada usia 11-12 tahun. Batasan umur ini tidak mutlak tergantung beberapa faktor antara lain gizi, kesehatan, lingkungan keluarga, dll.
c. Mimpi basah
Mimpi basah adalah keluarnya sperma tanpa rangsangan pada saat tidur, dan umumnya terjadi pada saat mimpi tentang seks. Sperma yang telah diproduksi oleh testis akan keluar melalui saluran sperma/vas deferens kemudian berada dalam cairan mani yang ada di vesicula seminalis (kantung mani), dan jika tidak terjadi pengeluaran sperma ini akan diserap kembali oleh tubuh.
d. Menstruasi
Menstruasi adalah proses peluruhan lapisan dalam/endometrium yang banyak mengandung pembuluh darah dari uterus melalui vagina secara periodik dan berkala. Siklus menstruasi umumnya berulang setiap bulan. Rata-rata 28-29 hari (Normal=20-35 hari) dan dimulai pada saat pubertas, berhenti sesaat waktu hamil atau menyusui, dan berakhir ketika seorang perempuan berumur sekitar 40-50an (menopause).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar